Senin, 18 Januari 2010

METODA INKUIRY DAN VERIFIKASI

Experiment dilakukan sebagai penunjang untuk menguji suatu teori. untuk melakukan experiment tersebut dibutuhkan beberapa metoda. metoda itu ada dalam bentuk inkuiry dan ada juga dalam bentuk veriffikasi. setiap metoda tersebut memiliki sisi kelebihannya dan sisi kekurangannya. berikut sisi kekurangan dan kelebihannya:


Metoda Inkuiry
kelebihan:
 guru mengembangkan pertanyaan-pertanyaan yang bersifat komunikatif untuk experiment yang sedang dilakukan.
 Dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan tersebut siswanya bersifat ingin mengetahui dan lebih mengexplore(menggali)
 Siswa lebih kreatif karena mereka dapat mengexplore dengan leluasa dan memahaminya dengan baik.
 Guru memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan siswa untuk penjelasan konsep yang diberikan.
Kekurangan:
Dapat membingungkaan siswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.
Metoda verifikasi
Kelebihan:
 experiment yang dilakukan lebih untuk memahami konsep atau untuk menguji suatu teori
 memahami dengan prosedur-prosedur yang tepat dan berurutan sehingga proses experimentnya menghasilkan sesuatu yang dicari.
Kekurangan:
 Terkesan lebih kaku dan baku
 Metoda ini cocok untuk tingkat atas seperti mahasiswa. Mahasiswa lebih mempelajari konsep karena konsep itu merupakan dasar materinya.

Menurut pendapat saya,dengan melihat sisi kelebihan dan sisi kekurangannya,saya lebih menyukai metoda inkuiry. Dengan metoda inquiry saya lebih ingin mengexplore lebih dalam seperti percobaan resonansi. misalnya dengan mengamati tabung dan menelaah mengapa tabung itu dapat berbunyi nyaring dapat disimpulkan pengertian resonansi. Lalu dengan menentukan harga kecepatan bunyi,menentukan variabel-variabelnya dapt disimpulkan hubungaan antara frekuensi dan panjang gelombang. Metoda inkuiry juga memerlukan logika,daya nalar dan pemahaman konsep. Jadi sebelum saya melakukan experiment saya harus memahami materi terlebih dahulu. Dengan seperti itu proses experiment saya berjalan dengan lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kom3en ya buat masukan